top of page

Sportles - Super Strak met Sem

Openbaar·9 leden
Youness El Basraoui
Youness El Basraoui

Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli


Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli




Pengaruh adalah suatu keadaan dimana seseorang atau sesuatu dapat mempengaruhi perilaku, tindakan, atau pikiran individu lainnya. Pengaruh dapat bersifat positif atau negatif, tergantung pada tujuan dan dampaknya. Pengaruh juga dapat berbeda-beda dalam tingkat dan cara pengaruhnya, seperti melalui komunikasi, persuasi, atau paksaan.


Para ahli dari berbagai bidang ilmu telah memberikan definisi dan penjelasan tentang pengaruh. Berikut adalah beberapa pengertian pengaruh menurut para ahli:


Download File: https://miimms.com/2w334O



  • Raven (1965): Pengertian pengaruh menurut Raven adalah kemampuan untuk membujuk orang lain untuk menuruti kehendak kita. Raven mengklasifikasikan pengaruh menjadi enam jenis, yaitu reward power, coercive power, legitimate power, referent power, expert power, dan informational power.



  • Kelman (1958): Pengertian pengaruh menurut Kelman adalah kemampuan untuk mempengaruhi pendapat, sikap, atau tindakan orang lain. Kelman membedakan pengaruh menjadi tiga proses, yaitu compliance, identification, dan internalization.



  • Festinger (1957): Pengertian pengaruh menurut Festinger adalah proses dimana seseorang menyamakan pendapat atau perlakuan dirinya dengan kesepakatan kelompok yang dimilikinya. Festinger mengemukakan teori disonansi kognitif sebagai salah satu faktor yang mendorong seseorang untuk mengubah sikap atau perilaku agar sesuai dengan kelompoknya.



  • Wiryanto (2004): Pengertian pengaruh menurut Wiryanto adalah suatu tokoh formal dan informal di masyarakat yang mempunyai ciri-ciri kosmopolitan, inovatif, kompeten dan aksesibel dibandingkan dengan pihak yang dipengaruhi.



  • Jhon Miller (2004): Pengertian pengaruh menurut Jhon Miller adalah komoditi yang berharga dalam dunia politik Indonesia.



  • M. Suyanto (2006): Pengertian pengaruh menurut M. Suyanto adalah nilai kualitas suatu iklan melalui media tertentu.



  • Albert R. Robert dan Gilbert (2008): Pengertian pengaruh menurut Albert R. Robert dan Gilbert adalah wajah kekuasaan yang diperoleh oleh orang saat tidak mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan.



  • Uwe Becker (2010): Pengertian pengaruh menurut Uwe Becker adalah kemampuan yang terus berkembang dan tidak terlalu terikat dengan usaha memperjuangkan dan memaksakan suatu kepentingan.



  • Surakhmad (2012): Pengertian pengaruh menurut Surakhmad adalah kekuatan yang timbul dari orang atau benda dan juga gejala dalam yang bisa memberikan perubahan terhadap apa yang ada di sekelilingnya.



  • Robert Dahl (2013): Pengertian pengaruh menurut Robert Dahl adalah keadaan dimana Bambang mempunyai pengaruh terhadap Supri sejauh ia bisa menyebabkan Supri untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak akan dilakukan oleh Supri.



  • Bartram Johannes Otto Schrieke (2014): Pengertian pengaruh menurut Bartram Johannes Otto Schrieke adalah bentuk dari kekuatan yang tidak bisa diukur kepastiannya.



  • Norman Barry (2015): Pengertian pengaruh menurut Norman Barry adalah sebuah tipe kekuasaan agar melakukan sesuatu dengan cara tertentu, terdorong untuk bergerak demikian, sekalipun mendapatkan ancaman sanksi secara terbuka tidak merupakan motivasi untuk mendorongnya.



  • Hugiono dan Poerwantana (2016): Pengertian pengaruh menurut Hugiono dan Poerwantana adalah bujukan atau dorongan yang mempunyai sifat atau memberikan suatu efek.



  • Sosiologi Pedesaan (2017): Pengertian pengaruh menurut Sosiologi Pedesaan adalah kekuasaan yang dapat berakibat pada perilaku individu atau kelompok yang lain.




Dari berbagai pengertian pengaruh menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh adalah suatu fenomena sosial yang melibatkan interaksi antara individu atau kelompok yang saling mempengaruhi satu sama lain. Pengaruh dapat berasal dari berbagai sumber, seperti orang tua, teman, media, tokoh, atau kelompok. Pengaruh juga dapat memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif, tergantung pada tujuan dan cara pengaruhnya.


Demikianlah artikel tentang pengertian pengaruh menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.